Kamis, 20 November 2014

FAKTA UNIK SEMUT (I)



        Kalian pasti pernah denger bukan, kalau gajah itu takut sama semut? Nah tapi kalian pasti belum tau kenapa gajah takut sama semut. Nah, unowat21 mau kasih tau penjelasannya nih.
        Ketakutan gajah dengan semut setelah lama menjadi kisah klasik serial "Dumbo", kartun klasik Disney era tahun 1940-an. Para pakar mempertanyakan kebenaran ketakutan gajah terhadap semut. Riset yang dilakukan oleh Dr Todd Palmer, Kepala Pusat Riset Mpala, Kenya dan Universitas Florida bersama koleganya berawal ketika melihat beberapa ekor gajah berlari menghindari pohon akasia yang dipenuhi semut. Ketakutan gajah yang disaksikan Dr Palmer saat itu ibarat anak-anak yang lari ketika disodori sayuran hijau brokoli.
        Koloni semut memiliki berat masing-masing lima miligram. Dengan berat koloni seperti itu membuat pohon terlindungi dari gajah, binatang berukuran satu miliar lebih berat dari semut. Dr Todd Palmer mengatakan gajah tidak menyukai gerombolan semut masuk kedalam belalainya. Belalai gajah merupakan organ yang luar biasa sensitif. Namun, gajah tak berani menggunakan belalainya untuk menghancurkan koloni semut. Dr Palmer menyimpulkan koloni semut telah membantu mencegah penggundulan hutan dan melindungi tanaman langka di afrika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar