Rabu, 05 November 2014

Mengapa Saat Diregangkan Sendi Berbunyi ?




        Hayoo siapa yang suga meregangkan badan ? Pasti meregangkan badan sudah menjadi kebiasan kita bukan. Terutama setelah bangun tidur sepertinya kurang afdol kalo belum mereganggkan badan sampai mengeluarkan bunyi ‘Kretekk’. Nah fenomena ini disebut dengan kavitasi. Lutut, pergelangan kaki, buku-buku jari di tangan, leher, dan punggung bawah sangat rentan terhadap suara gemertak ini.
        Sendi adalah titik pertemuan antara dua tulang yang terpisah, yang diikat menjadi satu oleh jaringan ikat dan ligamen. Semua sendi di tubuh kita dikelilingi oleh cairsan synovial yang berfungsi untuk “melumasi” persendian ini. Ketika kita meregangkan atau menekuk jari untuk membunyikan buku jari, hal ini akan menyebabkan kedua tulang pada sendi memisah, sehingga kapsul jaringan ikat yang mengelilingi sendi meregang.
        Terdapat bukti bahwa ketika sendi dimanipulasi, organ-organ tendod glogi(satu set ujung saraf yang terlibat dalam indra gerak pada manusia) ikut dirangsang dan menyebabkan oto yang terdapat di sekitar sendi menjadi relaks. Ini adalah bagian dari alasan mengapa membunyikan sendi terasa menyegarkan. Namun kita harus tetap berhati-hati dalam merenggangkan sendi karena bias bermasalah dengan saraf disekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar